Tremoctopus. Pasangan yang Ganjil

Photo D. Paul: Gurita Selimut Jantan
Para ilmuwan kelautan yang menyelam pada malam hari di laut yang dalam jauh dari Karang Penghalang Besar Australia belum lama ini untuk pertama kalinya berjumpa dengan gurita selimut jantan yang hidup. Apa yang menarik dari peristiwa ini?

Gambar titik hitam ditengah yang diperbesar
(dibadan gurita betina) memperlihatkan ukuran gurita jantan. Jantan: panjangnya
3 cm;beratnya 0,3 gram. Sedangkan betina: panjangnya 2 meter; beratnya 10 kilogram
.

Ada alasan yang tepat mengapa gurita selimut ini digambarkan sebagai ”binatang besar yang jantan dan betinanya paling kontras dalam hal ukuran”. Betinanya tumbuh hingga sepanjang dua meter dan seberat sepuluh kilogram. Tetapi, jantannya hanya sepanjang tiga sentimeter dan seberat 0,3 gram! Malah, jantannya cuma seukuran pupil mata betinanya. Itu berarti si betina 40.000 kali lebih berat daripada si jantan, perbedaan ukuran yang tampaknya paling ekstrem dalam dunia binatang nonmikroskopis. Gurita ini hidup di laut lepas, dan hingga saat ini, yang dapat diamati hanyalah gurita jantan mati dan gurita betina hidup yang tertangkap oleh jaring nelayan.

Bagaimana dua makhluk ini, yang ukurannya begitu berbeda, berkembang biak? Salah satu dari kedelapan lengan gurita jantan memiliki rongga. Setelah si jantan menemukan gurita betina, lengannya terisi sperma. Lengan itu lalu patah dan masuk ke dalam rongga mantel si betina, ruang besar dalam tubuhnya. Lengan itu diam di sana hingga si betina memencetnya dan mengeluarkan spermanya untuk membuahi telur-telurnya.

Untuk mengkompensasi ukurannya, si jantan mempertahankan diri dengan tentakel yang tampaknya ia curi dari ubur-ubur Portuguese man-of-war dan ia genggam dengan alat penyedot pada lengan atasnya. Namun, tentakel ini tidak menyelamatkan dirinya karena sewaktu tugasnya terhadap pasangannya selesai, ia mati. Tak heran bahwa para ilmuwan terkagum-kagum oleh temuan mereka!

Apa pun alasan di balik perbedaan ukuran yang sangat besar dari gurita yang ganjil ini, kata-kata (Buku Panduan Kehidupan semua mahluk) memang benar, ”Laut ini begitu besar dan luas, di sana ada binatang bergerak yang tidak terhitung banyaknya, makhluk-makhluk hidup, kecil maupun besar.”—Mazmur 104:25. Salinan dari publikasi Awake! terbitan 22 Januari 2005

Literatur tentang Tremoctopus Violaceus terfadapat di situs berbahasa Inggris [c-link] dan female blanked octopus dengan male banked octopus yang ditemukan di Great Barrier Reef, Australia, perbandingan ukuran keduanya di close-up untuk memperlhatkan bagian-bagian tentakel adalah 1 mm ; 5 cm (50 mm). Lihat gambar copy diatas.

Lihat koleksi Prof. Dr.Peter Wirtz untuk gurita selimut betina di situs www.tolweb.org/tremoctopus